Keuangan, Tips & Trik

Tertarik Investasi Perhiasan Emas? Coba Pikir Lagi, Deh!

30 Juni 2019
investasi perhiasan emas
4 menit

Kini investasi emas jadi pilihan utama banyak orang. Apalagi kalangan wanita. Sejak dulu, mereka sudah memulai investasi perhiasan emas. Memang, hal ini berpotensi untuk mendulang keuntungan yang berlipat, namun ternyata terdapat kerugian di balik investasi ini. Waduh, kok bisa?

Sebagai informasi, nilai bagus dari perhiasan emas adalah barangnya yang mudah ditemukan.

Selain itu, perhiasan emas pun dapat menunjang penampilan kalangan wanita.

Harganya yang cukup terjangkau membuat kamu pun mungkin jadi cukup tertarik untuk investasi perhiasan emas ini bukan?

Sebentar, jangan gegabah dahulu Sahabat 99!

Kamu perlu mengetahui lebih dalam seputar investasi perhiasan, baik plus maupun minusnya sebagai berikut.

Mengapa Harus Emas?

Dilansir dari Finansialku, emas atau logam mulia selalu dijadikan salah satu alternatif investasi yang digemari banyak kalangan.

Sebab emas memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Emas tidak mudah tergerus inflasi
  • Emas atau logam mulia harganya cenderung stabil bahkan naik
  • Emas tidak mudah rusak dan mudah disimpan

Bagaimana Proses Peleburan Emas Agar Menjadi Perhiasan?

Melansir dari Finansialku, perhiasan emas dibuat dari bahan baku emas murni batangan, tembaga, dan perak.

Ketiga bahan ini dicampur dan dilebur menjadi satu kemudian dicetak.

Persentase campurannya mempengaruhi kadar karat emas.

Seperti contoh di bawah ini:

Misalkan harga emas hari ini Rp500 ribu, maka:

Karat

Persen

Harga (Rp)

2291,70%458.500
2080%400.000
1885,40%427.000
1675,60%378.000
1458,30%291.500

Keterangan:

  • 22 karat= 91,70% x Rp500.000 = Rp458.500
  • Perhitungan di atas tidak termasuk harga variabel seperti, ongkos pembuatan, dan pajak.

Sementara itu harga perhiasan emas dapat dipengaruhi oleh beberapa variabel, seperti:

  • Harga emas Logam Mulia (pada hari itu)
  • Karat perhiasan emas
  • Biaya lain, seperti ongkos pembuatan, pajak dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Harga Emas Bisa Fluktuatif, Begini Penjelasannya

Mengapa Banyak Orang Menyukai Investasi Perhiasan?

Banyak alasan orang-orang mulai tertarik dengan investasi ini.

Sahabat 99 termasuk dalam kondisi yang mana?

1. Harganya Emas Terjangkau Sesuai dengan Kondisi Keuangan

Harga emas perhiasan umumnya dijual dengan harga yang bervariasi .

Mulai dari 18 karat, 22 karat sampai 24 karat dengan berat yang berbeda-beda.

Kamu bisa membelinya mulai dari berat perhiasan 1 gram.

2. Harga Emas yang Bisa Ditawar

Ini salah satu alasan terbesar mengapa perhiasan emas disukai kaum perempuan.

Karena harganya yang bisa ditawar.

Pasalnya, jika kita menghitung-hitung modal awal untuk mebeli perhiasan emas termasuk kecil.

Inilah alasan banyak orang tertarik untuk investasi perhiasan emas.

Berbeda banget kalau kamu ingin membeli emas batangan, harganya tidak mungkin bisa untuk ditawar.

3. Banyak Toko Perhiasan, Makin Mudah untuk Mendapatkan Emas

Kalau kamu sering ke pasar dijamin deh bakalan nemuin toko emas di mana-mana.

Enggak cuman di pasar aja, toko emas terpampang nyata sampai di perempatan jalan dan deretan ruko-ruko.

Maka itulah, membeli perhiasan emas sangat mudah.

Asalkan kamu memiliki uang yang cukup untuk mengantongi emas agar bisa dibawa pulang ke rumah.

Semakin bagus reputasi toko, maka semakin minim pula resiko pembelian emas palsu.

4. Beli Perhiasan Emas Enggak Perlu Ribet Persyaratan

Syarat agar emas yang kamu inginkan jatuh ke kantong kamu adalah, uang.

Hanya itu saja.

Kalau kamu ingin menjual perhiasan emasnya lagi, gampang banget.

Kamu tinggal kembali ke toko awal tempat kamu membeli emas atau toko emas mana pun.

Enggak pelu pakai fotokopi KTP apalagi surat keterangan ketua RT.

5. Investasi Perhiasan Emas Sekaligus Percantik Diri

Ini sih fungsi kedua dari perhiasan emas, bisa dibilang 2 in 1.

Investasi perhiasan emas sekaligus memanjakan diri.

Selain itu, fungsi perhiasan emas ini terkadang banyak yang menilai untuk memperlihatkan label status sosial seseorang.

Kalian setuju enggak, Sahabat 99?

Baca Juga:

Ketentuan dan Syarat Gadai Emas di Pegadaian yang Wajib Diketahui

Tetapi, Investasi Perhiasan Emas Tidak Bisa Disebut Sebagai Alat Investasi. Kenapa?

1. Biaya yang Besar

Ketika membeli perhiasan emas sebenarnya kamu membayar dengan tambahan uang ekstra seperti ongkos produksi, desain, pajak, hingga biaya kirim.

Kemudian ditambah dengan kadar karat dan berat emas murni di dalamnya.

Tidak berhenti di situ.

Penjual toko emas akan menaikkan lagi harga perhiasan emasnya hingga naik sampai 100%.

Emas yang di produksi secara massal, akan memakan biaya sekitar 1-7 persen dari total harga emas.

Sementara, pembuatan emas yang di buat oleh pengrajin akan memakan biaya sekitar 15-20%.

Berbeda dengan pengrajin pertama harga bisa mencapai sampai 30%.

Nah, yang bikin kesel adalah saat dijual toko emas hanya akan menghargai berat dan kadarnya aja.

Mereka akan gak perduli meski emas perhiasanmu itu hasil rancangan desainer ternama.

Wow! Enggak mahal banget ya ongkos produksinya.

2. Tidak Ada Sertifikat Emas Perhiasan

Biasanya saat kamu membeli perhiasan emas, hanya kuitansi pembayarannya saja ‘kan yang kamu dapatkan?

Lalu bagaimana dengan keaslian kadar karat dan beratnya?

Tak ada yang tahu.

Untuk itu berhati-hatilah memillih toko perhiasan emas.

Pilihlah toko emas yang sudah banyak pelanggannya atau yang terpercaya di sekitar lingkungan rumah kalian.

investasi perhiasan emas

Ketika membeli perhiasan emas 18 karat seberat 10 gram, maka kadar emas murninya hanya 7,5 gram.

Sisanya adalah campuran logam lain seperti, perak, dan tembaga.

Kamu bisa beruntung apabila emas yang kamu beli terdapat campuran perak karna bisa dideteksi keasliannya.

Maka dari itu terkadang investasi perhiasan sulit dinilai karena tidak ada sertifikat keasliannya.

3. Investasi Perhiasan Emas Cepat Rusak dan Hilang

Pasti kamu sudah tahu ‘kan, Sahabat 99…

…Apabila perhiasan emas yang kamu pakai sering mengalai benturan dengan benda lain, hati-hati ini bisa merubah tampilannya.

Perhiasan emas kamu tidak lagi cantik bahkan enggak menarik lagi.

Kejadian fatal  yang bisa saja terjadi pada perhiasan emas kamu adalah patahnya perhiasan emas bahkan kaitannya pun rusak.

Kelecetan ini akan mengurangi nilai jual dari perhiasan emas tersebut, lho.

Tidak seperti layaknya emas batangan yang hanya disimpan saja.

Emas batangan akan terhindar dari kecelakaan-kecelakaan kecil yang tak terduga.

Enggak hanya itu, perhiasan beresiko untuk memicu adanya penjambretan.

Aduuh! Hati-hati ya, Sahabat 99.

4. Produsen Emas Palsu Ada di Mana-Mana

Kalau faktor yang ini sih kamu harus lebih berhati-hati saat proses transaksi pembelian emas.

Produsen emas palsu ini bisa kamu temui dimana saja.

Mulai dari pusat perbelanjaan hingga pasar tradisional.

investasi perhiasan emas

Jangan sampai kamu memilih sembarangan toko perhiasan.

Perhatikan toko mulai dari penempatan toko, kondisi toko, hingga track record toko perhiasan tersebut.

Kamu bisa menanyakan lewat pedagan-pedangan di pasar atau mencari ulasan toko tersebut di internet.

Atau…

Dirimu pun bisa meminta saran dari pihak keluarga kamu.

Pengaruh Investasi Emas 24 Karat

Setiap tahunnya, harga emas 24 karat selalu naik meskipun kenaikannya tidak drastic.

Jika kamu ingin berinvestai emas 24 karat, pembeliannya bisa dicicil dengan membeli emas batangan atau perhiasan emas per gramnya.

Emas 24 karat memiliki berat yang berbeda dari karat lainnya.

Hal ini pun mempengaruhi kemurnian emas.

Pada umumnya, emas bervariasi mulai dari 1 hingga 24 karat, bergantung pada kemurnian emas yang dilebur.

Berikut ini jumlah kandungan pada variasi karat logam mulia:

No

Karat

Perbandingan Kemurnian Emas

12424 bagian terdiri dari emas murni
22323 bagian emas murni + 1 bagian logam lain
32222 bagian emas murni + 2 bagian logam lain
42121 bagian emas murni + 3 bagian logam lain
52020 bagian emas murni + 4 bagian logam lain
61919 bagian emas murni + 5 bagian logam lain
71818 bagian emas murni + 6 bagian logam lain
81717 bagian emas murni + 7 bagian logam lain
91616 bagian emas murni + 8 bagian logam lain
101515 bagian emas murni + 9 bagian logam lain
111414 bagian emas murni + 10 bagian logam lain
121212 bagian emas murni + 12 bagian logam lain
131010 bagian emas murni + 14 bagian logam lain
1488 bagian emas murni + 16 bagian logam lain
1566 bagian emas murni + 18 bagian logam lain

Bagan di atas pun diperjelas dengan standar umum kadar kemurnian emas yang berlaku di dunia, sebagai berikut:

  • Emas 24 karat: emas murni (99,99%)
  • Emas 22 karat: komposisi 91,7% emas, dicampur bahan lain 8,3% (biasanya perak)
  • Emas 20 karat: komposisi 83,3% emas
  • Emas 18 karat: komposisi 75% emas
  • Emas 16 karat: komposisi 66,6% emas
  • Emas 14 karat: komposisi 58,5% emas
  • Emas 9 karat: komposisi 37,5% emas

Sertifikat Keaslian pada Emas 24 Karat Jangan Sampai Hilang

Dilansir dari Vncojewellery, karena emas 24 karat memiliki kandungan 99,99% emas murni, itu berarti harganya cukup mahal di pasaran.

Agar harga emas 24 karat yang kamu beli masih bisa di jual dengan nilai tinggi, sebaiknya minta sertifikat keaslian emas pada saat membeli.

Berbeda dengan berlian, perhiasan emas memang jarang sekali untuk mendapatkan sertifikat keasliannya.

Namun, kamu harus tetap mengusahakan perhiasan emas yang dimiliki untuk mendapatkan sertifikat agar aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan investasi.

***

Semoga ulasan di atas dapat berguna untuk kamu ya, Sahabat 99!

Ingat! Hati-hati dalam memillih toko perhiasan ya.

Selalu kunjungi Blog 99.co Indonesia untuk mendapatkan informasi menarik seputar dunia properti.

Temukan pula hunian dengan harga terjangkau dalam situs 99.co/id .

You Might Also Like