Berita

7 Mitos Teraneh di Indonesia | Pasti Pernah Mendengarnya ‘Kan?

16 Agustus 2019
mitos teraneh di indonesia
3 menit

Tak peduli tinggal di desa atau di kota, Sahabat 99 pasti pernah mendengar beberapa mitos teraneh di Indonesia ini ‘kan? Percaya tidak percaya, hal tersebut terus menyebar sejak dahulu sampai sekarang. Kira-kira, apa sajakah mitos tersebut? Yuk simak bersama-sama!

Apalagi saat masa kanak-kanak, banyak sekali peringatan dari orang tua kita yang dibumbui dengan bebagai mitos.

Bisa jadi, sebagian dari mitos teraneh di Indonesia tersebut memiliki asal usul budaya sejak zaman dulu kala.

Namun, bisa jadi berbagai mitos teraneh di Indonesia tersebut hanyalah bentuk lain dari peringatan akan suatu hal bagi kita.

Sambil mengenang masa kecil kita dahulu, yuk kita simak ulasan mengenai beberapa mitos teraneh di Indonesia berikut ini:

7 Mitos Teraneh di Indonesia yang Tak Ada di Tempat Lainnya

1. Duduk di Depan Pintu Susah Dapat Jodoh

Mitos teraneh di Indonesia yang paling sering dibicarakan adalah soal duduk di depan pintu.

Biasanya orang tua akan mengancam bahwa orang yang duduk di depan pintu akan sulit mendapatkan jodoh.

Hmmmm, bener enggak sih mitos ini?

Ternyata, sebagian orang percaya bahwa alasan di balik adanya mitos ini adalah agar anak-anak tak duduk di depan pintu.

Pasalnya, duduk di area pintu tentu akan menghalangi orang berlalu-lalang, kan?

2. Bangun Kesiangan, Rezeki Diembat Ayam

Dalam kebudayaan Sunda, mitos ini sangat erat kaitannya dengan sosok si Kabayan yang dianggap sangat pemalas dan suka bangun siang.

Alhasil, Kabayan pun tak punya pekerjaan tetap dan ia sering diomeli abah serta ambu karena kemalasannya.

mitos teraneh di indonesia

Sebetulnya, alasan logis di balik mitos ini bukanlah soal ayam yang akan mengambil jatah rezeki kita, kok!

Ini hanyalah salah satu pengingat agar kita tak suka bermalas-malasan sedari masa kanak-kanak.

Baca Juga:

20 Tempat Angker di Singapura Lengkap. Lebih Seram dari Indonesia?

3. Bila Bersiul Malam Hari Akan Diikuti Setan

Apakah benar orang yang bersiul di malam hari pasti akan diikuti setan?

Ternyata, bukan itu alasan utamanya lho karena siulan sama sekali tak berhubungan dengan setan!

Orang tua sering mengingatkan anak-anak untuk tak bersiul di malam hari dengan embel-embel setan agar anak-anak takut.

Namun, alasan utama di balik larangan itu yaitu agar anak-anak tidak bersiul karena siulan malam hari pasti akan mengganggu tetangga.

4. Duduk di Atas Bantal Bisa Bikin Bisulan

Pantat kebas karena duduk di lantai atau di kursi keras? Memang paling enak menggunakan bantal sebagai ganjalan tempat duduk ya!

Eits, hati-hati lho duduk di atas bantal bisa bikin bisulan!

Waduh, beneran enggak nih?

Ternyata, larangan ini muncul sebagai pengingat agar anak-anak menjaga kesopanan dan perilaku lho, Sahabat 99.

Bagaimanapun, bantal kan berfungsi sebagai alas kepala dan bukan alas pantat, iya kan?

5. Makan Tak Habis Bisa Bikin Ayam Mati

Bener nih kalau makanan enggak habis ayam kita bisa mati? Terus gimana kalau kita enggak punya ayam?

Tentu bukan begitu dong maksud sebenarnya!

Zaman dulu, banyak orang yang memelihara ayam sebagai hewan ternak sehar-hari, oleh karena itu mitos ini sangat kontekstual pada zamannya.

Alasan di balik larangan ini sebetulnya agar anak-anak lebih berhemat dengan makanannya karena bagaimanapun mencari rezeki untuk sepiring makanan itu susah.

Sama susahnya dengan memelihara seekor ayam dari kecil hingga dewasa.

6. Mandi Malam Hari Bisa Bikin Rematik

Mitos teraneh di Indonesia berikutnya soal efek mandi malam hari ternyata bisa dijelaskan secara logis dengan dasar ilmu pengetahuan, lho!

Menurut studi medis, mandi malam memang bisa bikin tulang kita menjadi nyeri.

mitos teraneh di indonesia

Pasalnya, hawa dingin di malam hari membuat suplai oksigen ke tulang terhambat, alhasil terjadi penyempitan di area tulang.

Alhasil, tulang sering terasa nyeri bila mandi malam hari.

Jadi, yang satu ini bukan lagi mitos ya melainkan fakta yang terbukti secara klinis!

7. Main Sehabis Magrib Bisa Diculik Wewe Gombel

Saat kanak-kanak, siapa sih yang tak bergidik ngeri ketika diancam dengan mitos ini?

Mitos teraneh di Indonesia yang satu ini memang cukup ampuh untuk membubarkan anak-anak yang senang bermain selepas magrib.

Tapi, berita soal wewe gombel ini sama sekali tak benar kok!

Bumbu horor tersebut digunakan agar anak-anak lebih mendengarkan pada kata-kata orang tuanya.

Lagi pula, dari pada bermain lebih baik waktu selepas magrib digunakan untuk belajar atau beristirahat, kan?

Baca Juga:

Masih Percaya Mitos Rumah Tusuk Sate? Siasati dengan Cara Ini!

Semoga artikel ini menghibur ya, Sahabat 99!

Daripada disimpan dan dibaca sendiri, mending share artikel ini ke media sosial yuk.

Jangan lupa, kunjungi Blog 99.co Indonesia untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Ingin cari properti? Pastikan untuk mencarinya di www.99.co/id.

You Might Also Like