Inspirasi Desain, Rumah Anda

10 Desain Rak Buku Dinding Cantik. Bikin Kamu Betah Baca 100%

25 Maret 2019
desain rak buku
4 menit

Rak buku dinding di rumah kamu tampak biasa? Yuk, mulai dekorasi ulang! Berbagai sumber menyatakan kalau faktor furnitur yang kamu pakai bisa mempengaruhi minat baca kamu, lho!

Bagi para pecinta buku, mempunyai rak buku yang nyaman dan aman adalah alasan yang wajib untuk sejumlah koleksinya.

Hal ini menunjang kualitas buku yang dikoleksi agar awet dan tertata rapi.

Nah, 10 desain rak buku dinding cantik ini akan membuat kamu takjub dan segera ingin membuatnya di rumah.

Simak inspirasinya di bawah ini, yuk!

1. Tangga Jadi Rak Buku Dinding

Apabila kamu memiliki tangga di rumah yang sudah tak terpakai.

Jangan dibuang. Tangga kayu bekas ini bisa kamu gunakan sebagai rak buku dinding, lho!

rak buku dinding

Pasang tangga buku dengan memakukannya di dinding.

Kemudian tempatkan buku di sela-sela pijakan tangga.

Apabila kamu tidak suka dengan warna alami kayu, gunakanlah cat berwarna untuk mempercantik tangga.

Selain itu kamu bisa gunakan space yang kosong sebagai gantungan tas atau kunci.

Hias pula rak buku tersebut dengan lampu-lampu kecil yang mengelilingi tangga untuk penerangan pada malam hari.

Enggak cuman bikin kamu betah baca tapi bisa jadi spot foto kamu ‘kan, Sahabat 99?

Baca Juga:

5 Cara Membasmi Rayap yang Menggerogoti Rak dan Koleksi Buku

2. Rak Buku di Tengah Ruangan Rumah. Eye Catching Banget!

rak buku dinding

Desain yang satu ini cocok nih buat kamu yang punya hunian mungil.

Kamu bisa menempatkan rak buku yang menyatu dengan dinding di ruang keluarga.

Selain bisa digunakan untuk menyimpan koleksi buku kamu, letakkan pula beberapa tanaman kecil agar suasana alamnya terpancar.

Bagusnya untuk rak buku dinding minimalis seperti ini, gunakan bentuk kayu persegi panjang.

Ini berguna untuk mengsiasati lahan agar bisa menaruh berbagai macam aksesori rumah lainnya seperti, lampu hias, aksesori metal, sampai lilin aromatheraphy.

3. Rak Buku Tangga. Kamu Enggak Perlu Repot Menyusun Buku Lagi deh!

Sahabat 99, pernah enggak sih saat sudah berhasil menarik buku di salah satu rak, buku lainnya ikutan berubah posisi alias jadi berantakan?

Aduh, males banget yah kalau udah gini.

Tapi, tidak untuk desain rak dinding seperti tangga ini.

rak buku dinding

Raknya memiliki tangga yang berfungi sebagai tempat penyimpanan setiap bukunya.

Jadi saat kita mengambil buku yang ingin dibaca, buku lainnya akan tetap berdiri pada tempatnya.

Rak buku dinding model seperti ini sangat bagus juga jika kamu menempatkannya di kamar.

Kesan artsy dan menarik bagus banget dipadupadankan dengan furnitur-furnitur yang ada di kamarmu.

4. Gunakan Sudut Ruangan Sebagai Tempat Membaca

rak buku dinding

Sudut ruangan di dalam rumah biasanya memiliki space dinding yang cukup kosong.

Pemilik rumah hanya menggunakannya untuk menaruh lampu atau pajangan foto saja.

Hmm… Bagaimana kalau kamu gunakan sebagai ruang membaca, Sahabat 99?

Kayu yang digunakan berbentuk persegi panjang.

Lalu, tempatkan kayunya di bawah buku dan susun menjadi beberapa jajaran.

Tambahkan pula karpet dan beberapa bantal sofa agar kamu lebih nyaman dan bisa dipakai sebagai ruang kumpul keluarga.

5. Rak Buku Dinding Bentuk Melodi Bagi Pecinta Musik

rak buku dinding

Musik dan membaca memiliki keterikatan yang kuat banget.

Bagi si pecinta buku, agar kegiatan membacanya nyaman biasanya memerlukan musik-musik yang menenangkan.

Rak buku berbentuk simbol melodi ini bisa menjadi inspirasi desain rak buku dinding di rumah kamu.

Model rak buku ini menandakan kamu memiliki jiwa seniman, lho!

6. Rak Buku yang Mengapit Tempat Tidur

rak buku dinding

Kalau jenis rak buku ini sih idaman banget.

Aktivitas di tempat tidur selain untuk mengerjakan tugas bisa juga dijadikan spot kamu untuk membaca.

Perhatikanlah jenis kayu yang kamu gunakan. Ini berguna agar rak buku milikmu tidak cepat dimakan rayap.

7. Rak Buku di Spot Santai Rumahmu

rak buku dinding

Rak buku dinding seperti ini memang sudah mainstream.

Apabila kamu senang dengan desain yang sederhana dan homey pas banget nih buat kamu!

Gunakan desain rak buku dinding ini untuk menyimpan koleksi buku yang kamu punya.

Tempatkan pula sofa kursi panjang dengan bantalan yang empuk.

Berikan warna-warna yang kalem seperti, hijau tosca, cream, dan biru pastel.

Baca Juga:

Yuk, Bikin Sandaran Buku Lucu Agar Rak Tampak Lebih Menarik

8. Rak Buku Melayang

rak buku dinding

Apakah kamu melihat sihir di balik rak buku dinding ini? Tentu tidak dong.

Rak buku ini sungguh memiliki konsep yang unik bukan, Sahabat 99?

Plat besi yang disembunyikan di kolong setiap rak.

Ini berguna agar rak buku kokoh menopang buku-buku kamu.

9. Rak Buku di Bawah Tangga Rumah. Unik!

rak buku dinding

Jangan biarkan bagian bawah tangga rumahmu kosong melompong!

Kekosongan ini bisa kamu manfaatkan sebagai ruang penyimpanan.

Salah satunya rak buku yang unik.

Tujuannya agar hunian kamu terlihat simpel dan tidak terlihat sumpek.

Buatlah rak buku yang terbuka seperti ini.

10. Rak Buku Berbentuk Ranting Pohon

Kata siapa bentuk rak buku itu hanya persegi panjang saja? Kamu bisa mendesainnya seperti ranting pohon ini, lho!

rak buku dinding

Tempatkan rak buku dinding ini di bagian dinding ujung rumah kamu agar bisa memanjang menyerupai ranting sebuah pohon.

Kece-kece banget ya desain rak buku dinding ini?

Sudah siap Sahabat 99 untuk membuat salah satunya di rumah kamu?

Baca terus informasi-informasi menarik seputar properti dan hunian di Blog 99.co Indonesia

Cari properti impian kamu lewat www.99.co/id

You Might Also Like