Ide Dekorasi, Rumah Anda

7 Rak Buku Sederhana Ini Bikin Hemat Kantong Kamu

26 Maret 2019
rak buku sederhana
3 menit

Mempunyai rak buku membuat rumah tampak lebih bersih dan rapi. Apabila kamu gemar membaca buku dan memerlukan space yang cukup banyak untuk koleksi buku tersebut, buatlah rak buku sederhana ini. Selain desainnya yang simpel, rak buku ini bikin hemat pengeluaran kamu, lho.

Rak buku sederhana dapat kamu temukan di toko-toko perlengkapan rumah tangga.

Mulai dari yang minimalis berbahan kayu hingga besi.

Penasaran ‘kan? Kita lihat yuk seperti apa desain rak bukunya.

1. Rak Buku Sederhana dari Kayu

rak buku sederhana

Rak buku berbahan dasar kayu ini sudah pasti sering dilihat oleh kamu kan?

Tetapi, hati-hati apabila kamu salah memilih model rak buku nantinya akan memakan tempat ruangan rumahmu.

Model-model penempatan rak buku kayu ini bisa kamu coba di rumah:

  • Rak buku modular (simpel dan ringan)

Jenis rak buku ini merupakan rak ideal jika kamu termasuk orang yang sering gonta-ganti penataan perabotan.

  • Floating Shelf

Rak buku model ini sering ditempatkan di atas tempat tidur.

  • Gunakan sudut rumah

Sudut rumah memiliki lahan kosong yang banyak. Kamu bisa menggunakannya sebagai ruang bermain dengan anak juga, lho!

  • Mengelilingi Pintu

Model penempatan seperti ini membuat raknya muncul dengan kesan yang unik

  • Rak buku di bawah tangga

Kalau model penempatan yang ini sih sering banget dipakai pemilik rumah-rumah minimalis di luar negeri.

Mereka memanfaatkan kolong tangga sebagai tempat penyimpanan buku.  

2. Rak Buku Plastik, Ambil dari Benda di Rumah

rak buku sederhana

Sahabat 99, kamu tahu kan kalau plastik itu sulit sekali untuk di daur ulang?

Bahkan proses penguraiannya bisa sampi 500 – 1.000 tahun. Ya ampun lama banget!

Agar kamu mengurangi pencemaran lingkungan, bagaimana jika benda plastik yang ada dirumahmu digunakan untuk rak buku saja?

Kamu bisa menggunakan botol plastik, galon, jerigen hingga ember plastik.

Baca Juga:

Dibuat Seperti Ini, Kamar Mandi Jadi Surganya Para Pecinta Buku

3. Rak Buku Dinding

rak buku sederhana

Banyak model rak buku dinding sederhana yang bikin rumah kamu tampak minimalis.

Contohnya, penerapan model rak buku dinding berdesain tangga.

Desain tangga ini terbilang unik.

Kamu dapat menyimpan buku-buku penting pada rak model ini.

Harap perhatikan pula apabila kamu ingin membeli rak dinding seperti:

  • Faktor ukuran rak
  • Material rak dinding
  • Gaya rak dinding yang sesuai dengan konsep rumahmu

4. Kardus Dijadikan Rak Buku? Bisa Banget kok!

rak buku sederhana

Kardus termasuk barang-barang bekas yang banyak tercecer di rumah maupun pertokoan.

Kamu bisa membuat rak dinding dari bahan kardus seperti ini lho!

Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan seperti, penggaris, cutter, pulpen dan lem tembak.

Baca selengkapnya di sini:

DIY Rak Buku Ini Asalnya dari Barang Bekas. Coba Buat di Rumah, Yuk!

5. Ciptakan Gaya Artistik lewat Rak Buku

rak buku sederhana

Apabila kamu bosan dengan gaya rak buku pada umumnya, kamu bisa terapkan model meliuk-liuk pada rak punyamu.

Model ini memberikan kesan yang artistik bagi si pemilik rumah.

Rak seperti ini mempunyai penahan yang berasal dari metal sehingga buku tampak melayang.

Apalagi jika kamu mewarnainya dengan cat putih.

6. Rak Buku Besi

rak buku sederhana

Bahan besi tidak dapat terurai di alam, tetapi bisa di daur ulang.

Hmm… Kalau kamu kebingungan cara untuk mendaur ulang besi, gunakan saja sebagai rak buku sederhana milikmu.

Rak buku punyamu akan terlihat kreatif dan punya sisi gambaran industrial di dalamnya.

7. Enggak main Skateboard lagi? Gunakan Papannya untuk Rak Dinding

rak buku sederhana

Kamu udah pensiun main skateboard, tapi enggak rela kalau papannya dibuang?

Buat jadi rak buku aja!

Kamu bisa gunakan papannya sebagai tempat menyimpan buku-buku koleksi kamu.

Kemudian, aplikasikan papan skateboard dengan cara digantung menggunakan tali tambang.

Ide yang bagus bukan?

****

Gimana Sahabat 99? Desain rak-rak bukunya sederhana banget ‘kan untuk kamu?

Baca terus informasi-informasi menarik seputar properti dan hunian di Blog 99.co Indonesia

Cari properti impian kamu lewat www.99.co/id

You Might Also Like