Topik

Semua Tentang KPR & Tanya Jawab Seputar KPR

kpr_02_420.png

Hallo semuanya, Saya disini mau sharing tentang KPR

Anda semua bisa menanyakan tentang KPR

Tidak perlu sungkan silahkan tanyakan saja langsung.


Untuk kelancaran dan kenyaman dalam forum ini silahkan dibaca dahulu

  1. Sebelum bertanya sesuatu, sebaiknya dibaca dahulu dengan seksama.
  2. Pergunakan bahasa yang sopan bila ingin bertanya


Syarat KPR dan Prosesnya

Untuk memenuhi KPR, ada beberapa dokumen yang perlu anda siapkan. Dokumen-dokumen dibawah ini adalah merupakan syarat KPR. Silahkan di simak.

Syarat KPR
  • Fotokopi KTP pemohon dan suami/istri
  • Fotokopi Mutasi Rekening Koran minimal 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Sertifikat SHM atau HGB y ang masih panjang,
  • Fotokopi IMB
  • Fotokopi bukti PBB
  • Fotokopi Akte Nikah/Cerai/pisah harta (bila ada)
  • Fotokopi WNI dan Surat Ganti Nama (bila ada)
Data pemilik seperti FC suami-istri, KK, Surat Pisah Harta, surat cerai dsb
Untuk pembelian dari Developer data pemilik tidak usah.

Dokumen Untuk Karyawan (Data tambahan)
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Surat keterangan kerja terbaru berisi nama lengkap, jabatan di kantor, lama bergabung
Klo baru pindah kerja dan di tempat yang baru kurang dari 2 tahun bisa dilampirkan keterangan tempat bekerja sebelumnya.

Dokumen Untuk Wiraswasta (Data tambahan)
  • Printout Detail keuangan usaha 
  • FC kontrak kerjasama / usaha dengan beberapa perusahaan
  • FC SIUP, TDP, dll

Fase Proses KPR

  1. Masukan formulir & syarat2
  2. BI Checking pemohon KPR
  3. Appraisal rumah oleh pihak bank atau lembaga yg ditunjuk bank
  4. Bank rapat komite kredit (bisa cuman di cabang doang atau naik ke pusat, tergantung bank-nya)
  5. Pemberitahuan permohonan KPR disetujui atau tidak (biasanya kalo disetujui nanti ada surat persetujuan kredit).
  6. Akad Kredit

Biaya - biaya KPR
  • Administrasi
  • Appraisal
  • Provisi
  • Asuransi Jiwa
  • Asuransi Kebakaran
  • APHT
  • Cek Sertifikat
  • Notaris (AJB & Balik Nama)
Besar biaya ini bisa berbeda dan bisa dinegosiasikan.
Kurang lebih antara 1%-6% dari nilai pinjaman.


Hitungan Besar Pajak

Nah untuk hitungannya berbeda untuk setiap wilayah/daerah karena pajak masuk ke kas daerah.
Maka dari itu bisa ditanyakan ke notaris terdekat (tanya aja gratis kok).

Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan fitur urbanindo ini, baru tau saya ternyata urbanindo mempunyai kalkulator perhitungan KPR.

Screenshot_3.png

Sekarang saya akan mencoba menggunakan perhitungan  kalkulator KPR ini, misalkan sya mau membeli rumah seharga 500jt
Uang muka sebesar 20%, bunga pinjamannya 12% dan lama angsurannya 15 tahun. Perhatikan gambar dibawah ini:

Screenshot_4.png

Misalkan anda ingin membeli harga rumah sebesar 1M, uang muka 50%, bunga pinjamannya 5% dan lama angsurannya 5 tahun, anda tinggal menggeser-geser saja seperti gambar di atas tersebut. Maka hasil dari perhitungan di atas adalah sebagai berikut:

Screenshot_5.png

Ingat ini hanya perhitungan saja ya, bilamana nanti ada yang bertanya beda, tentu saja setiap bank mempunyai perhitungan masing-masing untuk KPR nya. Selain itu juga urbanindo menyediakan Pengajuan KPR lewat Bank DBS, mungkin kedepannya akan ada bank-bank lain juga ya, kita harapkan saja. Agar lebih mudah.

Screenshot_6.png

Lengkap juga dengan angsuran per-bulannya. Bila Anda menginginkan pengajuan KPR dari sekarang melalui urbanindo sekarang sudah bisa. Tanpa menarik uang sedikit pun untuk jasa bantu urus KPR Online.


Pengajuan KPR Secara Online via UrbanIndo

Proses Lebih Mudah
easier_process.png
Pengajuan KPR dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, hanya bermodal internet. Kami akan bantu mengurus proses aplikasi online tersebut.

Gratis
free.png
UrbanIndo tidak akan menarik uang sedikit pun dari Anda untuk jasa bantu urus KPR online ini.

Privasi Terjaga
secure.png
UrbanIndo akan menjaga seluruh data personel dan finansial Anda tidak tersebar ke tangan pihak lain.

Bila Anda tertarik bisa langsung klik disini
Atau ingin bertanya langsung, hubungi saja:
022 - 2035 - 028




Bank Penerima Take Over KPR dari Bank lain

Klo memang mau Take Over coba aja apply ke semua bank ini :

  • BRI
  • BRI Syariah
  • Panin
  • CIMB NIAGA
  • CIMB NIAGA Syariah
  • BNI
  • BNI Syariah
  • NISP
  • NISP Syariah
  • COMMONWEALTH
  • Mandiri
  • Mandiri Syariah
  • BTN
  • BTN Syariah
  • DANAMON
  • DANAMON SYARIAH
  • BUKOPIN
  • BUKOPIN SYARIAH
  • Standard Chartered
Jangan lupa juga Bank Daerah Anda, 
Contohnya Agus di Jakarta ya Bank DKI ama DKI Syariah.
Kalo di Bandung ya BJB ama BJB Syariah

Nanti tinggal dipilih-pilih dari yg approve mana yang paling menguntungkan.


Proses Pembelian Tanah dan Membangun Rumah
Atau
Punya Tanah dan Mau Membangun Rumah

Konteks: saya mau beli tanah & membangun rumah

Bank:

Bukopin: tidak bisa
Artha Graha: bisa. Pembiayaan 70 persen dan maksimal 10 tahun.
Bank Jabar Banten: tidak jelas
Bank Syariah Mandiri: bisa. pembiayaan bisa sampai 90 persen, maksimal 15 tahun. Disamakan dengan pembelian rumah baru.
Bank Mega: bisa. pembiayaan sampai 70 persen. Maksimal 8 tahun.



Di bank syariah mandiri ketemu temen kuliah hehe (asyik ada orang dalem...)

Di Artha Graha sebenarnya bisa sih, tapi ya saya sendiri agak gimanaaaaa gitu sama bank ini...

Di Bank Mega, hitungan cicilannya gede (karena maksimal 8 tahun).
Gaji saya ga nyampe. 

Marketing kredit bilang: 
Marketing Kredit: "joint income saja mas". 
Saya: "wah, saya belum nikah...".
Marketing Kredit: "kalo gitu sama mbak ini aja" *nunjuk customer servicenya 

Jadi dengan ini saya sudahi pencarian saya atas KPR yang bisa untuk pembelian tanah dan pembangunan rumah (dari nol).

Rekap

KPR untuk pembelian tanah dan pembangunan rumah...

Yang JELAS TIDAK BISA
  • BCA/BCA Syariah
  • BTN/BTN Syariah
  • Bank Mandiri
  • Niaga/Niaga Syariah
  • Panin
  • Danamon
  • Bukopin
  • Bank DKI Syariah

Yang JELAS BISA
  • BNI
  • Bank Syariah Mandiri
  • Artha Graha
  • Bank Mega
  • BII *tidak saya survei sendiri tapi ada info dari rekan-rekan saya

Yang BISA BERSYARAT
  • Permata/Permata Syariah (hanya dengan developer yg kerjasama)

Yang TIDAK JELAS BISA/TIDAK
  • BRI/BRIS
  • Bank Jabar Banten
  • HSBC (KPR hanya untuk yang sudah jadi nasabah)

Sebetulnya masih banyak bank yang menawarkan KPR, namun saya sendiri sudah menganggap pencarian saya sudah cukup ekstensif. Saya sendiri berikutnya akan apply ke BNI dan Syariah Mandiri.


Proses A kad Kredit

Waktu Akad kita akan bertemu dengan pihak pemilik rumah (developer/perorangan), pihak bank (jika KPR) dan Notaris.
Pada saat Akad intinya adalah penandatanganan Akta Jual Beli (AJB) oleh penjual dan pembeli.

AJB ini salah satu syarat untuk Balik Nama Sertifikat di BPN.

Pajak (Penjualan & Pembelian) serta Biaya Notaris harus dilunasi sebelum Akad bisa dilakukan.

Pada saat Akad Kredit alangkah baiknya untuk membaca dan mengerti semua isi dalam Akta Jual Beli.
Pada saat Akad juga akan tandatangan bukti kredit ke Bank.

Disitu akan terlampir biaya-biaya yang sudah/harus kita bayarkan baik itu pajak, biaya notaris, biaya provisi, administrasi dll.
Ada baiknya di cek jumlahnya, jangan lupa cek jumlah cicilan bulanan nya juga 

Pelajari juga mengenai pelunasan dan penalty nya, akan tertera poin-poin nya.
Juga tentang Bunga nya, ini sangat sensitif karena biasanya banyak yg kurang mengerti di bagian ini.

Akan tertera besaran bunga dengan penjelasan masa fix nya dana apa yg akan terjadi setelah masa fix ini berakhir.


F. A. Q.

Jadi, Bank mana yang terbaik untuk Mengambil KPR?

- Bank terbaik saat ini untuk pengajuan KPR adalah Bank yang menyetujui aplikasi KPR dengan plafond dan jangka waktu sesuai kebutuhan kita, serta bunga atau margin yang sangat rendah.


Bank Swasta apa Bank Pemerintah/Negeri?

- Ya kurang lebih jawabannya sama dengan yang diatas ya :D

Sistem Anuitas atau Flat?

- Dari segi cicilan jika akan dilunasi di tengah jalan Flat lebih menguntungkan karena pokok pinjaman berkurang lebih besar di awal. Sistem anuitas pembayaran bunga lebih besar di awal cicilan.

- Jika pelunasan hingga akhir masa cicilan akan sama saja alias tidak ada bedanya.

Illustrasi:
Maksudnya proporsional disini adalah besaran margin & pokok hutang akan tetap sama di setiap cicilan. Kalau di piramida terbalik akan besar margin/bunga di awal-awal cicilan, sedangkan pokok hutang hanya berkurang sedikit.

Saya coba bikin ilustrasinya sedikit ya.
(M: margin; H: hutang)

1. Sistem fix proportion (biasa disebut proporsional/margin flat)
- Cicilan I : 3.000.000 (M: 2.000.000; H: 1.000.000)
- Cicilan II : 3.000.000 (M: 2.000.000; H: 1.000.000)
- Cicilan III : 3.000.000 (M: 2.000.000; H: 1.000.000)
- dst.

2. Sistem anuitas (piramida terbalik)
- Cicilan I : 3.000.000 (M: 2.800.000; H: 200.000)
- Cicilan II : 3.000.000 (M: 2.780.000; H: 220.000)
- Cicilan III : 3.000.000 (M: 2.760.000; H: 240.000)
- dst.

Lihat bedanya di ilustrasi gw yg bold
Di metode piramida terbalik muncul istilah "bayar bunganya dulu"




Sampai disini dulu penjelasan dari saya, silahkan bagi yang belum puas dan ada yang masih ingin bertanya-tanya jangan ragu untuk bertanya disini ya. 

Semua data di atas adalah hasil dari share rekan-rekan saya yang akan mengajukan KPR dari bank lain dan ke bank yang lainnya. dan juga saya dapatkan dari beberapa sumber, dan juga kebetulan sya mantan peg bank, jadi bisa dibilang sya cukup paham mengenai KPR ini :D



Baca Selengkapnya >

Bagaimana Kesan Anda tentang Topik Ini?

50.00%

0.00%

50.00%

0.00%

0.00%

0.00%

0.00%

Selamat pagi mas, kebetulan kemarin sya sudah menyerahkan semua persyaratan ke bank BN*

semoga lolos dan dapat pinjaman..

biaya appraisalnya sebesar 300rb dibayar ketika pengajuan.

prosesnya katanya 14 masa hari kerja.

nah, bilamana tidak lolos bagaimana nih mas? buat jaga2 aja

trims

Sansan Sandi Ilham said:

Selamat pagi mas, kebetulan kemarin sya sudah menyerahkan semua persyaratan ke bank BN*

semoga lolos dan dapat pinjaman..

biaya appraisalnya sebesar 300rb dibayar ketika pengajuan.

prosesnya katanya 14 masa hari kerja.

nah, bilamana tidak lolos bagaimana nih mas? buat jaga2 aja

trims


seandainya ditolak ente bisa coba bank permata. biasanya langsung disetujui full 100% dari plafon, ya pada awalnya mungkin hanya sebesar 60-80% kemungkinan

keren lengkap banget, berarti kalo mau ngajuin KPR bisa lewat UrbanIndo juga yah?

Saya punyanya Bank Mandiri doang min, berarti harus pindahin ke Mandiri Syariah ya?

Ina said:

keren lengkap banget, berarti kalo mau ngajuin KPR bisa lewat UrbanIndo juga yah?

iya mba, udah bisa sekarang. langsung aja kunjungi linknya disini 

Tiara Syahra Syabani said:

Saya punyanya Bank Mandiri doang min, berarti harus pindahin ke Mandiri Syariah ya?

tidak ada salahnya bila mencoba dulu ke bank tersebut, klo misalnya masih tidak bisa. coba ajukan ke bank yang lain.

Khusus KPR KTP area Jakarta selatan dan Barat bisa hubungi saya di 0838 7976 3367 (Derro)


saya dari Bank Syariah Bukopin, 

mau tanya klo usaha online shop bisa ajukan kpr gak ya? soalnya rumahan, gak punya toko, thx

Assalam wr.wb Saya dari Bank Syariah Mandiri siap membatu bapak/ibu untuk proses kpr rumah baru/second,apartmen baru/second,take over,griya pensiun PNS .. Hub no telp/wa 085715990015 Terima kasih..wassalam
Menampilkan 1-10 dari 20 item.

Balas Topik Ini

atau

Tulis gambar yang ditampilkan di sebelah kanan. Klik gambar untuk mengubah